Artikel Job Desk

Job Desk Seorang IT Support

Job Desk Seorang IT Support Hari Ini | Update | Hari ini saya akan menunjukan apa saja Job Desk seorang IT Support di tempat saya bekerja. Berdasarkan pengalaman bekerja di dua tempat berbeda, biarpun bukan tempat yang sesuai untuk seorang IT, tapi pasti banyak kantor yang sekarang memiliki IT divisi atau staf biar cuma satu pegawai.

Untuk beberapa perusahaan besar, IT Support sangat penting, karena itu job desk untuk tiap pekerjaannya juga berbeda - beda, saya sendiri lebih ke Support tetapi agar kinerja kita tidak di pandang sebelah mata kita wajib bekerja dengan profesional.

troubleshootingkomputer.com

Job Desk IT Support

untuk IT staf yang harus dimiliki adalah waktu karena itu sangat penting, Manager saya pernah bilang "waktu adalah bagaimana kita mengatur jadwal sampai 6 bulan ke depan" jadi selalu gunakan rencana dan jadwal dengan sangat detail.

Seperti saat dinas luar kota atau me-maintenance komputer di tepat kita bekerja, selalu pastikan perlengkapan yang akan di bawa dan juga jangan lupa untuk membuat catatan dan cara penanganannya atau solusi mengatasi masalah tersebut.

Tugas
Yang terpenting untuk IT adalah tugas yang harus di lakukan atau To Do List maka saya membagi tugas menjadi dua yaitu . . . baca selengkapnya!



Administrasi Untuk Staff IT

Sering saya di tanya untuk IT Support cara meng-Administrasi-kan pekerjaannya, sekarang akan saya bahas masalah administrasi ini. Saya sendiri masih baru menggunakan Administrasi untuk merapikan dan dokumentasi pekerjaan saya.

Pengertian Administrasi adalah usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan (Source Wikipedia). Jadi administrasi adalah kegiatan untuk mencapai tujuan, intinya seperti itu. Contoh saya mengerjakan maintenance komputer tapi manager saya minta bukti kalau saya sudah mengerjakan tugas tersebut jadi saya mencatat dan membuat laporan yang bersifat resmi dan mudah di pahami bahasanya oleh manager IT.

Mencatat tiap tugas yang di berikan manager juga penting karena bisa saja manager lupa dengan tugas yang di berikan, kalau saya lebih ke surat resmi untuk bekerja jadi perlu di dokumentasikan.

ADMINISTRASI UNTUK STAF IT SUPPORT
Tidak semua tercatat di tiap pekerjaan IT Support dan ada perusahaan yang membuatkan program untuk administrasi IT. Beberapa Administrasi yang saya buat adalah . . . baca selengkapnya!



Standar Operasi Prosedur (SOP) IT Support

Mengetahui Standar Operasi Prosedur | SOP IT Support
Dalam perusahaan pasti memiliki SOP, saya sebagai staf IT juga memiliki standar operasi prosedur yang akan saya bahas. Beberapa Karyawan IT masih kurang mengerti SOP yang harus mereka lakukan itu wajar karena masih belum adanya Manajemen dalam perusahaan yang menganggap divisi / departemen IT sebagai sesuatu yang penting.


IT Standard Operating Procedure merupakan sebuah panduan administrasi untuk professional yang bekerja di bidang teknologi informasi dan semua pekerjaan IT yang nantinya akan di administrasikan, hasilnya dianalisa dan dijadikan referensi bagi perusahaan tersebut.

Berikut ini adalah penjelasan dari peran-peran yang umum ditemukan pada divisi IT :

Help Desk
Adalah titik utama dimana client dari IT akan pertama kali menghubungi divisi IT saat mempunyai pertanyaan atau masalah yang berhubungan dengan IT.

Help Desk membawa harga diri dan wibawa divisi IT saat berhubungan dengan client sehingga Help Desk sangat mempengaruhi customer experience alias pengalamannya menghandle pelanggan.

Karena merupakan titik pertama hubungan ke client, staf help desk harus mempunyai pengetahuan yang . . . baca selengkapnya!


Interview Untuk IT Support

Karyawan HRD  memperkenalkan diri adalah Head HRD, beliau sangat tenang, tipikal seorang HRD yang sudah memiliki pengalaman untuk merekrut pegawai,

Pertanyaan yang beliau berikan hanya seputar "siapa saya", tapi saya merasa sangat nyaman dengan Bapak yang mengaku lulusan Accounting dan pernah bekerja di Freeport, saya sangat kagum dengan cerita beliau dari orang yang "nakal" sampai akhirnya bisa menjadi sadar dan bekerja untuk keluarganya, setelah itu gantian beliau yang bertanya tentang saya.

Menurut beberapa buku yang pernah saya baca tentang Human Resource atau HRD pertanyaan yang paling banyak di ajukan adalah :

1. Menceritakan tentang diri sendiri
Inilah pertanyaan awal yang biasanya ditanyakan oleh HRD, jawaban yang paling tepat adalah menjawabnya dengan singkat perihal kelebihan-kelebihan yang dimiliki. Jangan memberikan jawaban yang . . . baca selengkapnya!


Contoh Test Untuk Lowongan IT Staff

Beberapa Contoh Test Untuk Lowongan IT Staf - Troubleshooting Komputer
Beberapa hari ini saya terus memikirikan soal Tes masuk untuk lowongan IT yang akan di pakai perusahaan saya, karena sebagai IT Support jadi yang menyiapkan tes ini adalah saya sendiri

Tapi tidak semua Tes untuk IT Staf adalah soal dan materi, ada juga secara lisan yang menanyakan jika terjadi permasalahan di kantor tersebut. Untuk perusahaan besar permasalahan baik komputer, printer ataupun jaringan pasti akan di tanyakan.

Tes Masuk Perusahaan Untuk IT Jaringan dan Support

Saya sudah mencari beberapa contoh soal tes yang ada di Google rata-rata semua untuk IT yang sudah memiliki Sertifikat, jadi saya mencoba bahan tes lain. Sebelum menjadi IT Support di perusahaan saya yang sekarang, saya adalah mahasiswa yang malas untuk menghitung IP jadi untuk lebih mudah saya menggunakan Metode Hapalan :

128, 192 , 224, 240, 248, 252, 254, 255

Itu adalah range IP yang akan di gunakan untuk soal di bawah, Contoh soal yang saya buat 
Cari Network Address, Broadcast Address, Usable Host, Subnet Mask IP berikut :

1.  IP : 202.30.2.58 / 26
2. IP : 10.10.5.17 /25
3. IP : 111.125.30.16 / 28
Jawaban
Dimana setiap range IP terdapat . . . baca selengkapnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan baik, dengan tidak mengandung unsur-unsur yang berbau sara dan negatif

-semua postingan disini terdapat blog sumber referensinya-