Job Desk Seorang IT Support
Untuk beberapa perusahaan besar, IT Support sangat penting, karena itu job desk untuk tiap pekerjaannya juga berbeda - beda, saya sendiri lebih ke Support tetapi agar kinerja kita tidak di pandang sebelah mata kita wajib bekerja dengan profesional.
Job Desk IT Support
untuk IT staf yang harus dimiliki adalah waktu karena itu sangat penting, Manager saya pernah bilang "waktu adalah bagaimana kita mengatur jadwal sampai 6 bulan ke depan" jadi selalu gunakan rencana dan jadwal dengan sangat detail.
Seperti saat dinas luar kota atau me-maintenance komputer di tepat kita bekerja, selalu pastikan perlengkapan yang akan di bawa dan juga jangan lupa untuk membuat catatan dan cara penanganannya atau solusi mengatasi masalah tersebut.
Tugas
Yang terpenting untuk IT adalah tugas yang harus di lakukan atau To Do List maka saya membagi tugas menjadi dua yaitu . . . baca selengkapnya!
Administrasi Untuk Staff IT
Pengertian Administrasi adalah usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan (Source Wikipedia). Jadi administrasi adalah kegiatan untuk mencapai tujuan, intinya seperti itu. Contoh saya mengerjakan maintenance komputer tapi manager saya minta bukti kalau saya sudah mengerjakan tugas tersebut jadi saya mencatat dan membuat laporan yang bersifat resmi dan mudah di pahami bahasanya oleh manager IT.
Mencatat tiap tugas yang di berikan manager juga penting karena
bisa saja manager lupa dengan tugas yang di berikan, kalau saya lebih ke
surat resmi untuk bekerja jadi perlu di dokumentasikan.
ADMINISTRASI UNTUK STAF IT SUPPORT
Standar Operasi Prosedur (SOP) IT Support
Dalam perusahaan pasti memiliki SOP, saya sebagai staf IT juga memiliki standar operasi prosedur yang akan saya bahas. Beberapa Karyawan IT masih kurang mengerti SOP yang harus mereka lakukan itu wajar karena masih belum adanya Manajemen dalam perusahaan yang menganggap divisi / departemen IT sebagai sesuatu yang penting.
IT Standard Operating Procedure merupakan sebuah panduan administrasi untuk professional yang bekerja di bidang teknologi informasi dan semua pekerjaan IT yang nantinya akan di administrasikan, hasilnya dianalisa dan dijadikan referensi bagi perusahaan tersebut.
Berikut ini adalah penjelasan dari peran-peran yang umum ditemukan pada divisi IT :
Help Desk
Adalah titik utama dimana client dari IT akan pertama kali menghubungi divisi IT saat mempunyai pertanyaan atau masalah yang berhubungan dengan IT.
Help Desk membawa harga diri dan wibawa divisi IT saat berhubungan dengan client sehingga Help Desk sangat mempengaruhi customer experience alias pengalamannya menghandle pelanggan.
Karena merupakan titik pertama hubungan ke client, staf help desk harus mempunyai pengetahuan yang . . . baca selengkapnya!
Interview Untuk IT Support
Pertanyaan yang beliau berikan hanya seputar "siapa saya", tapi saya merasa sangat nyaman dengan Bapak yang mengaku lulusan Accounting dan pernah bekerja di Freeport, saya sangat kagum dengan cerita beliau dari orang yang "nakal" sampai akhirnya bisa menjadi sadar dan bekerja untuk keluarganya, setelah itu gantian beliau yang bertanya tentang saya.
Menurut beberapa buku yang pernah saya baca tentang Human Resource atau HRD pertanyaan yang paling banyak di ajukan adalah :
1. Menceritakan tentang diri sendiri
Inilah pertanyaan awal yang biasanya ditanyakan oleh HRD, jawaban yang paling tepat adalah menjawabnya dengan singkat perihal kelebihan-kelebihan yang dimiliki. Jangan memberikan jawaban yang . . . baca selengkapnya!
Contoh Test Untuk Lowongan IT Staff
Beberapa hari ini saya terus memikirikan soal Tes masuk untuk lowongan IT yang akan di pakai perusahaan saya, karena sebagai IT Support jadi yang menyiapkan tes ini adalah saya sendiri
Tapi tidak semua Tes untuk IT Staf adalah soal dan materi, ada juga secara lisan yang menanyakan jika terjadi permasalahan di kantor tersebut. Untuk perusahaan besar permasalahan baik komputer, printer ataupun jaringan pasti akan di tanyakan.
Tes Masuk Perusahaan Untuk IT Jaringan dan Support
Saya sudah mencari beberapa contoh soal tes yang ada di Google rata-rata
semua untuk IT yang sudah memiliki Sertifikat, jadi saya mencoba bahan
tes lain. Sebelum menjadi IT Support di perusahaan saya yang sekarang,
saya adalah mahasiswa yang malas untuk menghitung IP jadi untuk lebih
mudah saya menggunakan Metode Hapalan :
128, 192 , 224, 240, 248, 252, 254, 255
Itu adalah range IP yang akan di gunakan untuk soal di bawah, Contoh soal yang saya buat
1. IP : 202.30.2.58 / 26
2. IP : 10.10.5.17 /25
3. IP : 111.125.30.16 / 28
Dimana setiap range IP terdapat . . . baca selengkapnya!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Berkomentarlah dengan bijak dan baik, dengan tidak mengandung unsur-unsur yang berbau sara dan negatif
-semua postingan disini terdapat blog sumber referensinya-