Selasa, 16 Agustus 2016

Administrasi Untuk IT Staff

Administrasi Untuk Staff IT

Sering saya di tanya untuk IT Support cara meng-Administrasi-kan pekerjaannya, sekarang akan saya bahas masalah administrasi ini. Saya sendiri masih baru menggunakan Administrasi untuk merapikan dan dokumentasi pekerjaan saya.

Pengertian Administrasi adalah usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan (Source Wikipedia). Jadi administrasi adalah kegiatan untuk mencapai tujuan, intinya seperti itu. Contoh saya mengerjakan maintenance komputer tapi manager saya minta bukti kalau saya sudah mengerjakan tugas tersebut jadi saya mencatat dan membuat laporan yang bersifat resmi dan mudah di pahami bahasanya oleh manager IT.

Mencatat tiap tugas yang di berikan manager juga penting karena bisa saja manager lupa dengan tugas yang di berikan, kalau saya lebih ke surat resmi untuk bekerja jadi perlu di dokumentasikan.

ADMINISTRASI UNTUK STAF IT SUPPORT
Tidak semua tercatat di tiap pekerjaan IT Support dan ada perusahaan yang membuatkan program untuk administrasi IT. Beberapa Administrasi yang saya buat adalah :

Membuat laporan harian seperti Inventoris Komputer dan perlengkapan IT lainnya, Error program, atau software.
Laporan ini bisa menggunakan Office Excel, saya hanya membuatnya agar lebih mudah mengingat data dan pekerjaan yang sudah saya lakukan

Mencatat tiap tugas yang di berikan Manager dan meminta tanda tangan untuk pelaksanaan tugas 
Ini adalah bukti kalau atasan yang menyuruh, istilah kasarnya surat ijin untuk kerja.

Membuat laporan tiap masalah yang ada di tiap Client
Untuk laporan satu ini selalu meminta paraf agar jelas pekerjaannya dan siapa yang minta.

Untuk membuat Laporan Harian biasanya saya tulis seminggu sekali, saya tulis dalam format Print yang nantinya bisa saya simpan dan print jika manager membutuhkan, biasanya atasan saya cuma meminta inventoris komputer yang sudah jadul atau lama.

Silahkan donlod Administrasi yang sekarang saya pakai jika kurang silahkan tambahkan sesuai dengan ketentuan perusahaan masing - masing : 
Membuat laporan tiap masalah user atau client juga tidak kalah penting karena kerusakan tiap user biasanya berbeda tetapi bisa saja masalah yang sama akan muncul jadi kita punya history jadi tahu apa yang akan kita lakukan, jika terus terjadi dan berkali - kali kita tinggal menunjukan ke atasan dan membuat data kerusakan agar di tanda tangani oleh manager atau atasan kita dengan tembusan ke bagian purchasing.
Mungkin itu saja yang bisa saya share untuk membuat administrasi IT , jika ada tambahan silahkan komen di bawah karena saya yakin tiap Staf IT memiliki tugas dan cara administrasi sendiri.
Terimakasih sudah membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan baik, dengan tidak mengandung unsur-unsur yang berbau sara dan negatif

-semua postingan disini terdapat blog sumber referensinya-